Makanan Penurun Darah Tinggi

Darah tinggi merupakan penyakit yang banyak dialami oleh manusia di zaman modern ini. Hal ini tak lepas dari berkembangnya teknologi dibidang pengolahan makanan, sehingga banyak bermunculan makanan-makanan instant yang lezat tetapi memiliki efek kurang baik bagi kesehatan.

Penyakit darah tinggi disebabkan oleh beberapa hal diantaranya asupan garam yang berlebih,tingkat stress, kurangnya nutrisi dalam tubuh dan lain masih banyak faktor lainnya.

mengobati darah tinggi

Namun kita dapat menurunkan tekanan darah tinggi tersebut diantaranya dengan menjaga pola makan yang sehat dan selektif dalam memilih makanan yang akan kita konsumsi. Berikut ini adalah beberapa makanan penurun darah tinggi yang bisa dikonsumsi sehari-hari....cekidot....

1. Sayuran hijau 

Sangat baik untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Faktor ini disebabkan sayuran berwarna hijau memiliki kandungan kalium yang tinggi. Anda dapat mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan seledri untuk menurunkan tekanan darah anda.

http://obatbronkhitiskronis.web.id/11-manfaat-seledri-untuk-kesehatan/

2. Buah-buahan segar

Mengkonsumsi buah-buahan segar juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan dalam buah banyak terkandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Kandungan gula alami dalam buah juga tidak akan meningkatkan kadar gula darah.

Tomat juga sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena tomat mengandung vitamin C,  Vitamin D, Vitamin E, kalsium dan magnesium. Mengkonsumsi tomat secara rutin sangat baik untuk masalah tekanan darah tinggi anda.

Makanan Penurun Darah Tinggi

3. Bawang putih 

Tidak hanya bermanfaat untuk bumbu masak. Bawang putih juga ternyata dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini karena bawang putih dapat mencegah pembekuan darah dan penebalan pada pembuluh darah, selain itu bawang putih juga dapat menahan efek negatif tekanan darah tinggi dan dapat mengurangi penyumbatan jantung.

bawang putih

5. Gandum

Makanan berbahan dasar gandum ternyata dapat mengurangi tekanan darah tinggi, caranya biasakanlah untuk sarapan pagi dengan mengkonsumsi makanan yang berbahan dasar gandum.

6. Susu bebas lemak 

Mengkonsumsi susu bebas lemak, baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Kandungan kalsium yang tinggi serta vitamin D dalam susu sangat baik untuk menurunkan tekanan darah. Namun harus diperhatikan bahwa susu tersebut betul-betul tidak mempunyai kandungan lemak, karena lemak malah akan menaikan tekanan darah.

Itulah beberapa jenis makanan penurun darah tinggi, yang berkhasiat mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu jagalah pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi.

Kurangi makanan yang asin dan pedas karena makanan yang asin banyak mengandung sodium yang dapat meningkatkan tekanan darah, demikian juga makanan pedas yang dapat memicu naiknya tekanan darah. Selain itu perbanyaklah minum air putih, karena hal ini sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Belum ada Komentar untuk "Makanan Penurun Darah Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel