Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Dengan Bahan Alami

Pada saat pergantian musim, umumnya kita akan mudah sekali terkena penyakit disekitar daerah pernafasan. Yang paling sering ialah sakit flu atau pilek, batuk, dan radang tenggorokan.

Pada tulisan kali ini saya hanya akan membahas mengenai cara mengobati sakit tenggorokan dengan bahan alami.

Yang dimaksud dengan bahan alami ialah bahan-bahan yang langsung berasal dari alam, yaitu tanpa campuran bahan kimia. Tentu saja hal ini lebih aman digunakan karena tidak mempunyai efek samping yang bisa merusak kesehatan.

Apalagi kita telah mengetahui bahwa di negara kita ini cukup banyak hasil alam nya, baik buah-buahan, sayuran, maupun rempah-rempah, yang beberapa diantaranya mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.


gambar bagian tenggorokan

Sakit tenggorokan biasanya muncul bersamaan dengan batuk atau pilek, tapi terkadang juga setelahnya. Apabila anda mengalami sakit atau radang tenggorokan, tidak perlu panik dulu.

Anda bisa mencoba menggunakan cara mengobati sakit tenggorokan dengan bahan alami berikut ini untuk menyembuhkannya.

1. Perbanyaklah minum air putih yang hangat, karena air hangat dapat menenangkan peradangan di tenggorokan anda, lalu hindari mengkonsumsi air dingin / es dan juga makanan atau minuman yang rasanya asam.

2. Siapkan segelas air hangat lalu tambahkan garam setengah sendok teh dan satu sendok makan madu,aduklah hingga merata. Berkumurlah dengan menggunakan campuran tersebut sehari dua kali.Cara ini cukup mudah dan efektif untuk meredakan sakit tenggorokan.

3. Buatlah satu gelas susu dan tambahkan sedikit madu, minumlah dalam keadaan hangat. Hal ini sangat baik untuk anda yang mengalami sakit tenggorokan.

4. Untuk anda yang tidak anti dengan kunyit, bisa juga dengan membuat air kunyit. Caranya, parut kunyit, kemudian peras airnya lalu tambahkan madu atau garam lalu minum air kunyit tersebut.

Untuk anda yang tidak mau repot membuatnya, basanya bisa anda memesan ke tukang jamu keliling yang ada di sekitar rumah anda.

5. Cara mengobati sakit tenggorokan dengan bahan alami yang lain yaitu dengan cara mengunyah cengkeh. Hal ini akan dapat mengurangi iritasi di tenggorokan.

Memang rasanya cukup panas saat pertama dikunyah, tapi rasa panas itu akan segera hilang. Khasiat dari cengkeh ini sudah cukup terbukti dari jaman dahulu untuk mengobati sakit di tenggorokan.

6. Untuk anda yang perokok, sebisa mungkin berhenti dulu dari kebiasaan merokok anda untuk mempercepat proses penyembuhan. Kalau sakit tenggorokan anda sudah hilang, silahkan terserah anda kalau masih mau merokok lagi. Tapi saran saya, kalau anda bisa menghentikan kebiasaan merokok saat sakit, sebetulnya anda juga bisa berhenti total dari kebiasaan ini.

Hal lainnya yaitu hindari juga menghirup udara berdebu atau udara yang mengandung polusi, karena itu akan memperparah sakit tenggorokan anda.

Selain dengan cara-cara diatas,anda juga dapat menggunakan obat pelega tenggorokan dan mengkonsumsi Vitamin C.

Selain melakukan pengobatan, harus diperhatikan juga faktor yang lain, misalnya jangan menggunakan pengharum yang berbau menusuk hidung dan juga hindari bicara dengan volume tinggi atau berteriak. Karena hal tersebut juga sangat berpengaruh dalam proses penyembuhan sakit pada tenggorokan.

Demikian beberapa cara mengobati sakit tenggorokan dengan bahan alami, Mudah-mudahan tulisan ini dapat bermanfaat untuk,khususnya bagi anda yang sedang mengalami sakit tenggorokan.

Artikel Lainnya :

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Dengan Bahan Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel