4 Hal Penting Setelah Berolahraga Agar Tubuh Makin Sehat

Tubuh yang sehat adalah dambaan setiap orang. Banyak cara dilakukan untuk bisa membuat tubuh menjadi sehat, misalnya dengan makan makanan yang sehat dan tentu saja dengan berolahraga.

Ya, memang dengan melakukan olah raga, kita dapat membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Gerakan-gerakan dalam olahraga memang dibuat untuk melatih bagian tubuh tertentu agar lemak dan kalori terbakar dan juga menguatkan otot tubuh dibagian tersebut.

olahraga menyehatkan

Olahraga sendiri banyak macamnya, dari olahraga yang ringan hingga olahraga berat yang betul-betul menguras stamina tubuh. Tapi kebanyakan orang banyak yang melewatkan hal-hal penting setelah berolahraga, padahal ritual tersebut dapat membuat manfaat dari olahraga lebih maksimal.

Berikut ini saya coba tuliskan untuk anda, hal-hal penting yang sering dilupakan setelah melakukan olahraga, yaitu :

1. Pendinginan


Hal yang wajib kamu lakukan setelah melakukan olahraga adalah pendinginan. Ini hal penting yang harus dilakukan setelah berolahraga, apalagi jika olahraga yang kamu lakukan cukup berat. Tujuan dari pendinginan ini yaitu untuk menurunkan detak jantung secara perlahan,karena saat kita berolahraga,  jantung kita berdetak cepat.

Apabila setelah berolahraga kita tidak melakukan pendinginan, maka detak jantung akan menurun dengan tiba-tiba dan ini tidak baik untuk kesehatan. Banyak gerakan yang bisa dilakukan untuk proses pendinginan, misalnya berjalan, joging ringan dan gerakan ringan lainnya yang penting tubuh kita tidak langsung berhenti bergerak secara langsung. Ini adalah salah satu hal penting setelah berolahraga.

2. Peregangan


Hal penting setelah berolahraga yang harus kamu lakukan yaitu peregangan, hal ini sangat berguna untuk mengurangi asam laktat, sehingga tubuh akan menjadi rilek dan juga lebih fleksibel. Untuk peregangan, lakukanlah yang sederhana saja, tidak perlu gerakan-gerakan yang sulit, misalnya meregangkan kedua kaki dan lain-lain.

3. Minum Air


Untuk hal yang satu ini mungkin sangat jarang orang yang melewatkannya, karena ini merupakan hal penting setelah berolahraga, saat selesai berolahraga, kita akan merasa haus yang diakibatkan banyaknya cairan tubuh yang keluar dalam bentuk keringat. Minumlah air secukupnya untuk mengganti cairan tubuh yang terbuang, karena apabila setelah berolahraga kita tidak minum banyak air, tubuh bisa mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

4. Mengkonsumsi Makanan Berprotein


Selain memerlukan cairan, tubuh juga sangat membutuhkan protein untuk menyegarkan kembali otot-otot dan juga mengembalikan tenaga setelah berolahraga. Minum yogurt, makan keju atau sepotong daging dapat memenuhi protein yang dibutuhkan oleh tubuh setelah berolahraga. Jumlah protein yang dianjurkan adalah sebanyak 20 gram.

5. Mandi dan Ganti Pakaian


Diantara hal-hal penting setelah berolahraga yang wajib dilakukan, mungkin mandi dan ganti pakaian terdengar sepele. Tapi karena dianggap sepele, banyak orang yang tidak langssung mandi dan mengganti pakaiannya setelah selesai olahraga.

Padahal saat kita berolahraga, tubuh mengeluarkan banyak keringat yang menempel ke pakaian yang kita pakai. Nah, bila di diamkan sampai keringat tersebut kering dan baju menjadi lembab, hal ini dapat mengundang bakteri untuk menempel di tubuh. Hal ini bisa berpengaruh bagi kesehatan tubuh.

Itulah hal-hal penting setelah berolahraga yang harus dilakukan. Sebetulnya terdengar sepele dan sederhana, tapi sebetulnya hal diatas sangat penting agar olahraga yang kita lakukan, membawa hasil maksimal dan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar.
Sumber

Artikel Lainnya :

Belum ada Komentar untuk "4 Hal Penting Setelah Berolahraga Agar Tubuh Makin Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel