Tahukah Anda Project Google Loon

Siapa yang tidak tahu dengan Google?.Ya,hampir semua orang diseluruh dunia ini tahu dengan nama yang satu ini. Setiap segala sesuatu didalam dunia internet, pasti berhubungan dengan Google.

Setelah sukses dengan berbagai aplikasi nya yang telah banyak memberikan manusia kemudahan, kembali Raksasa Internet ini akan meluncurkan satu proyek yang bernama Google Loon atau Balon Google.

Lalu apa sih Fungsi dari Balon Google ini ?. Proyek balon Google ini dibuat untuk dapat menyebarkan internet secara merata ke seluruh penjuru dunia.

Saat ini di wilayah asia saja, baru sekitar 27 persen yang dapat tersambung ke jaringan internet dari total populasi.  Yang lebih parah di Afrika, dimana hanya 16 persen yang dapat tersambung internet.

balon google

Untuk saat ini,cara mentransmisikan sinyal internet yaitu dengan menggunakan tower bts dari Internet Service Provider(ISP) yang didirikan dalam jarak-jarak tertentu. Tentu saja hal ini menemui banyak kendala, terutama untuk membangun tower BTS di daerah-daerah yang sulit dijangkau. Hal inilah yang menyebabkan internet belum dapat dijangkau seluruh kawasan di dunia.

Tapi berkat penelitian dan ujicoba yang terus dilakukan oleh Google, maka masalah inipun dapat dipecahkan, yaitu dengan ditemukan nya Google Loon atau Baloon Google, yang dapat menyebarkan akses atau sinyal internet melalui balon udara yang ditempatkan di ketinggian 20 km, yaitu di lapisan stratosfer.

Dengan ketinggian tersebut, lalulintas penerbangan tidak akan terganggu oleh balon ini selain itu, ketinggian ini juga masih jauh dibawah orbit satelit. Cara kerja balon inipun cukup mandiri,karena dilengkapi dengan panel surya sebagai sumber tenaga untuk menjalankan perangkat elektroniknya.

Tujuan utama Google dalam pembuatan project Google Loon ini yaitu, agar seluruh manusia dimuka bumi ini bisa menikmati internet tanpa terkecuali.Setelah melalu penelitian dan pengembangan yang cukup lama,akhirnya Google meluncurkan project Google Loon atau balon Google ini.

balon google

Dari ketinggian 20km tersebut, Google Loon akan terhubung ke menara ISP yang berada di bumi, kemudian sinyal yang diterima akan disebarkan ke balon-balon Google lainnya yang telah diatur posisinya.

Selanjutnya sinyal-sinyal tersebut akan disebarkan keseluruh pelosok bumi dimana telah dipasang juga alat penerima khusus yang kompatibel dengan Google Loon.

Untuk daya jangkau dari Google Loon tersebut, diperkirakan dapat menjangjau jarak dalam diameter 40 km, dan kekuatan sinyal setara dengan 3G, seperti dilansir dalam keterangan resmi google.

Untuk menggerakan balon-balon Google ini, yaitu dengan menaik turunkan balon mengikuti arah angin pada setiap lapisan atmosfir, jadi tidak menggunakan baling-baling dan sejenisnya.

Rancangan untuk menyeting posisinya dengan menggunakan Algoritma khusus yang telah dibuat oleh pihak Google.

Ujicoba Google Loon ini telah dilakukan dibeberapa negara, diantaranya Selandia Baru dan juga dinegara kita tercinta ini. Bahkan saat kunjungan Presiden Jokowi dan juga Menkominfo ke Amerika, kabarnya telah dicapai kesepakatan untuk memakai project Google Loon ini di negara kita.

Semoga saja cepat terealisasi dan dapat menjadikan internet dinegara kita dapat dinikmati hingga keseluruh pelosok negri.

Dari berbagai sumber

Artikel Lainnya:

Belum ada Komentar untuk " Tahukah Anda Project Google Loon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel