Tips Mengobati Hidung Tersumbat Dengan Cepat

Penyakit Flu atau pilek, pasti pernah dialami oleh semua orang, tak peduli anak kecil sampai orang tua. Penyakit ini semakin mudah menyerang pada saat pergantian musim.

Perlu diketahui, sebetulnya penyakit ini dapat menyerang dikarenakan kondisi daya tahan tubuh yang menurun.

Menurunnya daya tahan atau sistem kekebalan tubuh umumnya disebabkan oleh faktor makanan yang kita konsumsi yang kurang mengandung vitamin dan nutrisi, atau bisa juga dikarenakan faktor kelelahan yang berlebihan dan kurang istirahat.

hidung tersumbat,flu

Sebelum kita membahas tentang Tips mengobati hidung tersumbat atau hidung mampet karena Flu, kita harus tahu sebenarnya penyakit flu ini bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat.

Makanan yang sehat yaitu makanan yang banyak mengandung aneka vitamin seperti vitamin B,vitamin C dan D, magnesium, kalsium dan berbagai zat lain yang dapat meningkatkan sel pembentuk imunitas tubuh kita.

Selain dengan menjaga asupan makanan, Flu juga bisa dicegah dengan rutin melakukan olahraga, tidak perlu olahraga berat, cukup yang ringan saja sudah mampu untuk membuat tubuh tetap bugar misalnya joging atau senam. Dengan berolah raga, ini bisa membuat sistem pertahanan tubuh otomatis meningkat.

Selain cara diatas, tubuh kita harus mendapatkan waktu tidur yang cukup. Karena pada saat tidur itulah, sel imunitas tubuh dapat bergerak dan melawan virus atau bakteri penyebab penyakit dalam tubuh.

Tidur yang baik juga akan memaksimalkan tubuh membersihkan hati dari sel-sel berbahaya penyebab penyakit.

Apabila kita sudah terserang Flu, biasanya ditandai dengan bersin-bersin, sakit tenggorokan dan hidung tersumbat, tentu hal ini sangat menyiksa. Berikut ini ada beberapa cara/tips mengobati hidung tersumbat yang bisa anda praktekan apabila terserang flu.

1. Menghirup uap air panas


Tips mengobati hidung tersumbat yang pertama ialah memanfaatkan uap air panas. Caranya, tuangkan air panas kedalam mangkuk, lalu hirup uap panas dari mangkuk tersebut.

Lakukan hal ini sampai hidung tersumbat anda menjadi lega. Uap air panas ini bekerja dengan cara mengurangi radang didalam rongga hidung sehingga dengan berkurangnya peradangan,otomatis hidung menjadi lega.

Cara ini akan lebih maksimal saat menghirup uap panas tersebut, bagian kepala kita tutup dengan handuk.

 

2. Dengan merendam kaki dalam air hangat


Caranya yaitu buatlah air hangat didalam baskom yang bisa muat dengan kedua kaki. Rendamlah kaki kita sampai hidung terasa lega, bila air sudah tidak hangat lagi gantilah dengan air hangat yang baru atau tambahkan sedikit air panas supaya menjadi hangat kembali.

Dengan cara ini, saat kaki direndam dalam air hangat, rasa hangat dari air akan masuk melalui kaki dan menjalar naik kebagian tubuh atas. Cara tersebut dapat mengurangi hidung tersumbat karena Flu.

Anda juga bisa menggunakan koyo tempel yang tidak terlalu panas, caranya potong kecil koyo tersebut dan tempelkan di bagian tengan hidung,jangan terlalu dibawah,tapi mendekati panggkal hidung. Cara ini cukup efektif menghilangkan hidung tersumbat.
Itulah cara sederhana untuk mengatasi hidung tersumbat karena flu tanpa minum obat. Bila anda punya tips mengobati hidung tersumbat  atau cara sederhana yang lain, silahkan masukan di kolom komentar. Sehingga kita bisa berbagi ilmu dan dapat membantu saudara kita yang sedang menderita flu.


Artikel Lainnya :

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengobati Hidung Tersumbat Dengan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel