3 Museum di Bogor Yang Wajib Anda Kunjungi

Berwisata ke kota Bogor, memang sangat menyenangkan. Selain wisata alam dan wisata kuliner yang banyak sekali terdapat di daerah Bogor, para wisatawan juga bisa mengunjungi beberapa museum yang ada di bogor.

Untuk anda yang mau berwisata ke Bogor, tak ada salahnya jika anda membaca dulu artikel ini. Siapa tahu bisa menjadi referensi anda, kemana anda akan menghabiskan waktu libur anda dan keluarga di daerah Bogor.

museum zoologi bogor
Koleksi Museum Zoologi Bogor
Bagi anda yang punya rencana berlibur ke Bogor, berikut ini saya tuliskan sedikit info tentang 3 Museum yang bisa anda kunjungi untuk liburan anda di kota Bogor :

1. Museum Zoologi


museum zoologi bogor 2
Bekantan, fauna asli Indonesia di Museum Zoologi Bogor

Bagi anda dan keluarga yang menyukai dunia tumbuhan dan satwa, museum ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga. Museum ini berada didalam areal Kebun Raya Bogor, sehingga selain menikmati koleksi tumbuhan di Kebun Raya, anda bisa masuk ke Museum Zoologi ini untuk melihat koleksi fauna yang cukup lengkap.

Di museum ini tersimpan puluhan ribu jenis satwa yang sudah di awetkan lalu ditata cukup rapi didalam ruangan kaca dan juga di tempatkan di dinding. Koleksinya antara lain, hewan mamalia sekitar 650 jenis, serangga sekitar 10.000 jenis, berbagai jenis burung dari seluruh wilayah Indonesia sekitar 1.100 jenis, dan juga terdapat koleksi dari jenis ikan, reptil dan invertebrata.

Setiap satwa yang dipajang di museum ini juga dilengkapi dengan keterangan yang cukup detil dan lengkap, sehingga dapat menambah pengetahuan anda dalam mengenal jenis-jenis hewan yang terdapat di negara kita ini.

2. Museum Perjuangan Bogor


Museum Perjuangan Bogor
Museum Perjuangan Bogor

Terletak di jalan merdeka nomor 56 kota Bogor, museum ini cukup mudah dicapai. Bila anda dari stasiun kereta api bogor, anda cukup berjalan kaki untuk sampai ke museum ini. Museum ini berisi berbagai benda bersejarah yang menjadi bukti perjuangan masyarakat Bogor dalam menghadapi penjajah belanda.

Museum perjuangan ini merupakan museum paling tua dan paling komplit koleksinya untuk kategori museum perjuangan. Terdiri dari dua lantai, museum yang diresmikan tanggal 15 Agustus 1958 ini memiliki koleksi senjata berupa senapan, pistol dan juga meriam di lantai dasarnya. Sementara di lantai dua, anda bisa melihat koleksi berupa pakaian bekas pejuang kota bogor, foto para pejuang, bambu runcing dan juga semua hal yang erhubungan dengan perjuangan warga Bogor menghadapi penjajah Belanda.

Museum ini sangat baik bagi para pelajar agar mengetahui bagaimana para pahlawan kita dahulu berjuang mengusir penjajah. Museum Perjuangan ini, buka mulai jam 8 pagi hingga jam 4 sore dan buka setiap hari. Untuk harga tiket masuknya juga sangat terjangkau yaitu 3000 rupiah.

3. Museum PETA


Museum PETA Bogor
Museum PETA Bogor

Museum PETA atau Pembela Tanah Air ialah museum yang menyimpan segala hal yang berhubungan dengan pembentukan PETA, yaitu yang merupakan cikal bakal dari TNI yang ada sekarang ini. Museum ini berlokasi di jalan jendral Sudirman tidak jauh dari pusat kuliner Air Mancur Bogor.

Di dalam museum ini, anda bisa melihat diorama bagaimana peran PETA dalam membantu kemerdekaan Indonesia. Tedapat juga patung panglima besar Jendral Sudirman dan Supriyadi di museum yang dulunya merupakan tempat untuk melatih tentara PETA ini. Selain itu anda juga bissa melihat berbagai senjata yang digunakan tentara PETA pada saat mengusir penjajah dahulu.

Setelah puas menikmati museum PETA ini, sore harinya anda tinggal berjalan kaki ke puasat kuliner di kawasan Air Mancur yang cukup lengkap. Anda bisa menikmati bandrek susu air mancur, bubur ayam, martabak dan mie ayam air mancur juga yang lainnya.

Gimana sobat, tertarik untuk mengunjungi museum-museum diatas?..Siapa tau dengan datang ke museum diatas, liburan anda akan lebih berwarna dan tentunya bagi anda yang membawa anak, hal ini akan enumbuhkan rasa cinta tanah air.

Artikel Lain :

Belum ada Komentar untuk "3 Museum di Bogor Yang Wajib Anda Kunjungi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel