Olah Raga Saat Malam Hari Ternyata Buruk Bagi Tubuh

Tubuh yang sehat merupakan keinginan setiap orang tanpa terkecuali. Untuk memiliki tubuh yang sehat, berbagai cara dilakukan misalnya dengan menjaga pola makan dan berolah raga secara teratur.

Untuk bisa berolah raga secara rutin dan teratur, memang bukan masalah bagi mereka yang mempunyai banyak waktu luang. Tapi bagi orang yang sibuk dengan berbagai macam kegiatan, baik bekerja maupun yang lainnya, sangat sulit untuk dapat berolah raga secara teratur.

futsal

Bagi mereka yang sangat sibuk, biasanya akan memilih untuk melakukan olah raga saat malam hari, setelah menyelesaikan semua kesibukannya. Bahkan dewasa ini, berolah raga dimalam hari seakan menjadi trend dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dibuktikan dengan banyak bermunculannya tempat-tempat olah raga yang justru ramai pada waktu malam hari seperti Gym, lapangan bulu tangkis dan lapangan futsal.

Memang boleh-boleh saja anda melakukan olah raga dimalam hari, tapi jangan dijadikan rutinitas. Karena ternyata berolah raga di waktu malam, memiliki efek yang buruk bagi tubuh.Sebisa mungkin luangkan waktu anda di hari libur atau akhir pekan, untuk melakukan olah raga pada waktu pagi.

Karena  berolah raga di pagi hari merupakan waktu yang paling baik untuk mendapatkan semua manfaat olah raga bagi kesehatan tubuh. Tidak seperti olah raga di malam hari yang malah memiliki efek yang kurang baik untuk tubuh.

Akibat-akibat buruk yang ditimgulkan akibat berolah raga di malam hari diantaranya yaitu dapat mengakibatkan tubuh mengalami cedera dengan mudah, karena kondisi organ tubuh yang seharusnya beristirahat, malah harus bekerja keras. Apalagi jika anda berolah raga malam setelah seharian bekerja atau beraktivitas lainnya.

Selain itu, olah raga malam juga bisa menyebabkan gangguan di system pernafasan. Hal ini diakibatkan kondisi udara di malam hari, memiliki kandungan oksigen lebih sedikit daripada siang hari. Olah raga di malam hari juga akan membuat seseorang sulit tidur, karena terganggunya sitem metabolisme dan suhu tubuh.

Adrenalin dan suhu tubuh yang seharusnya turun, malah menjadi naik akibat melakukan olah raga, hal ini tentu saja membuat tubuh membutuhkan waktu lagi untuk menurunkan suhu tubuh, agar kita bisa tidur, demikian dikatakan dokter Michael Triangto Sp.KO yang bertugas di RS. Mitra Kemayoran Jakarta.

Sementara Menurut dokter Haryo Tilarso Sp.KO, melakukan olah raga di malam hari boleh saja dilakukan, tapi harus diingat waktunya tidak boleh melebihi batas waktu tidur bagi tubuh. Karena hal tersebut malah akan mengakibatkan tubuh menjadi lemas pada esok harinya akibat kurang nya waktu istirahat.

Berolah raga saat malam hari juga akan menyebabkan naiknya denyut jantung, hal ini akan menyebabkan kita mengalami rasa gelisah dan tidak bisa tidur.

Nah itulah sobat, beberapa keburukan dari berolah raga di malam hari. Jadi buat anda yang selama ini menjadikan olahraga malam tersebut sebuah rutinitas, mulai saat ini, anda harus merubah rutinitas tersebut. Perlu anda ketahui, bahwa waktu olah raga yang terbaik dan membuat tubuh sehat adalah di pagi hari.

Sumber: Tahukah Kamu

Artikel Lainnya :

Belum ada Komentar untuk "Olah Raga Saat Malam Hari Ternyata Buruk Bagi Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel