Makanan Khas Indonesia Yang Paling Terkenal

Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai suku didalamnya. Oleh karena itu, tak heran kalau setiap suku atau daerah memiliki budaya dan juga makanan khas yang berbeda-beda.

Untuk makanan, seperti kita ketahui sangat banyak sekali jenisnya. Tapi pada tulisan ini saya hanya akan menulis tentang makanan khas indonesia yang sudah menjadi makanan nasional.

Maksudnya ialah, makanan yang awalnya hanyalah makanan khas yang dikonsumsi di suatu daerah, telah menjadi menu favorit semua masyarakat di hampir semua tempat di negara ini.

Baiklah, tidak perlu panjang lebar lagi, dibawah ini saya tuliskan beberapa makanan khas Indonesia yang paling populer.

1. Rendang


rendang padang
Rendang
Makanan ini berasal dari Padang Sumatra Barat. Rendang adalah jenis lauk yang terbuat dari daging sapi yang dipotong persegi kira-kira 3cm x 2cm dengan ketebalan sekitar 1cm.

Daging ini dimasak dengan bumbu santan dan rempah-rempah selama beberapa jam hingga menjadi empuk dan bumbunya meresap. Lauk ini sangat disukai oleh hampir semua orang karena kelezatannya dan juga rasa nya yang khas.

Untuk makan rendang, kita hanya perlu datang ke rumah makan yang menjual masakan padang, maka rendang yang lezat dan nikmat pun bisa kita santap.

Seiring kepopuleran rendang, maka rumah makan padang pun semakin banyak bermunculan di hampir semua daerah di Indonesia, bahkan di luar negri pun terdapat restauran padang yang tentu saja menyediakan rendang sebagai menu andalannya.

2. Gado-gado


gado-gado
Gado-gado
Makanan khas Indonesia berikutnya yang cukup populer adalah gado-gado. Makanan ini terbuat dari bermacam sayuran seperti bayam, kacang panjang, jagung, mentimun dan lain-lain yang di iris kecil dan direbus dulu sampai sayuran layu dan empuk.

Sayuran tersebut kemudian diaduk dengan bumbu yang terbuat dari kacang tanah, gula merah dan cabai yang dihaluskan.

Gado-gado awalnya merupakan makanan khas dari daerah jakarta, tapi saat ini di seluruh daerah di Indonesia, kita bisa menemukan penjual gado-gado.

Tidak hanya orang Indonesia saja yang menyukai rasa gado-gado ini, bahkan orang luar pun menyukai rasanya yang khas, orang amerika memanggil gado-gado dengan sebutan javanese salad.

3. Nasi Goreng


nasi goreng
Nasi Goreng
Untuk menu yang satu ini,  berasal dari orang tua dulu yang sayang bila harus membuang nasi sisa kemarin, lalu menggorengnya di pagi hari dengan diberi tambahan telur atau irisan daging ayam dan diberi bumbu rempah-rempah.

Saat ini nasi goreng menjadi makanan yang banyak di jual di pinggir jalan dimanapun pada malam hari. Bahkan di restauran kelas bintang lima pun menyediakan menu ini.

4. Bakso


Bakso malang
Bakso Malang
Bakso merupakan salah satu makanan paling populer di Indonesia. Tak heran dimanapun kita mudah menjumpai penjual bakso ini. Bakso terbuat dari daging sapi yang digiling dan dicampur dengan tepung terigu dan tapioka juga aneka bumbu dan dibentuk bulat.

Cara penyajiannya di dalam mangkuk dengan diberi tambahan mie atau bihun juga sayuran sawi dan kuah bening yang sangat lezat.

Bakso yang paling khas di Indonesia adalah bakso malang yang campurannya ditambahkan dengan pangsit dan juga bakso siomay.

5. Gudeg


gudeg jogja
Gudeg Jogja
Makanan khas Indonesia yang berasal dari Jogja ini sudah menjadi makanan umum di seluruh daerah di Indonesia. Makanan yang dibuat dari buah nangka muda yang dimasak bersama bumbu santan dan gula merah ini sangat pas untuk teman makan nasi.

Untuk penyajiannya, biasanya gudeg diberi pelengkap berupa telur rebus, tempe goreng atau ayam goreng.

6. Pempek


pempek palembang
Pempek Palembang
Menu ini berasal dari Palembang Sumatra Selatan, namun sudah menjadi makanan nasional yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat diseluruh Indonesia. Makanan ini terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan gilingan daging ikan dengan diberi tambahan rempah-rempah.

Pempek umumnya dibuat beraneka macam bentuk diantaranya kapal selam yang berisi potongan telur rebus, lenjer dan lain-lain. Untuk penyajiannya pempek digoreng terlebih dahulu, kemudian dipotong-potong lalu dimasukan ke piring atau mangkuk dengan tambahan mie, acar dan disiram saus cuka yang dicampur gula merah.

Itulah beberapa makakanan khas indonesia yang sudah sangat populer dan berubah menjadi makanan seluruh masyarakat Indonesia. Masih banyak makanan khas indonesia lainnya yang akan saya tulis pada artikel saya yang lain.

sumber 

Artikel Lainnya:

Belum ada Komentar untuk "Makanan Khas Indonesia Yang Paling Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel