Ini sejarahnya, Kenapa Bantal Guling Cuma Ada di Indonesia

Halo sobat infobogor. Semoga hari ini menyenangkan buat kita semua. Pada tulisan ini, saya ingin membahas mengenai kenapa bantal guling cuma ada di Indonesia dan bagaimana sejarah bantal guling tersebut ?.

Bantal guling merupakan benda wajib yang pasti ada di tempat tidur semua orang Indonesia. Hal ini sebenarnya bermula pada waktu zaman penjajahan Belanda di Negara kita. Awalnya penduduk asli Indonesia tidak mengenal yang namanya bantal guling. Sampai saat orang Belanda masuk dan menjajah negara kita ini.

bantal guling

Saat itu, orang-orang Belanda yang datang ke Indonesia menjajah dengan tujuan mengambil kekayaan negara kita sebanyak-banyaknya untuk dibawa pulang ke Belanda.

Karena para tentara Belanda tersebut datang tidak bersama istri-istri mereka, hal ini menjadikan mereka mengalami kesepian pada saat tidur. Tentu saja hal ini menimbulkan depresi bagi mereka. Untuk mengatasi hal tersebut, mereka mempunyai ide untuk membuat guling yang bisa mereka peluk saat tidur dan bisa mengurangi rasa kesepian mereka.

Karena saat itu untuk mencari istri atau pacar, orang-orang Belanda ini tidak memiliki waktu untuk melakukannya. Pada masa itu, penduduk lokal Indonesia juga merasa heran dengan keberadaan guling ini, tapi lama kelamaan para penduduk lokal pun menggunakan guling juga di kamar tidur mereka.

memeluk guling

Mengenai sebutan guling sendiri, pertama kali di perkenalkan oleh orang-orang belanda tersebut.

Namun saat tentara inggris yang merupakan bagian dari tentara sekutu menguasai indonesia, Gubernur jendral inggris pada waktu itu yang bernama Thomas stanford Raffles,  menyebut guling dengan istilah dutch's wife. Sebutan ini merupakan bentuk ejekan kepada tentara belanda yang memang sangat dibenci oleh tentara Inggris.

Nah sobat, jadi itulah asal-usul guling dan juga sejarah kenapa bantal guling cuma ada di Indonesia.

Memang cukup menggelikan, tapi karena sudah menjadi budaya, hingga sekarang hampir seluruh masyarakat Indonesia pasti tidur memakai bantal guling. Termasuk saya sendiri tentunya. Padahal setelah tau sejarahnya, sempat mesem-mesem sendiri juga sih....

Artikel Lainnya :

1 Komentar untuk "Ini sejarahnya, Kenapa Bantal Guling Cuma Ada di Indonesia"

  1. Karena hanya ada di Indonesai, maka perlu penelitian mendalam tentang guling. Karena di Belanda sendiri tidak ada, saya tidak yakin ini karya orang Belanda. Bahkan di China dan Jepang juga tidak saya temui. Krombong panjang di China dan Jepang untuk nganggkut babi. Nampaknya ini asli karya orang Indonesia yang kaya akan pohon KAPOOK RANDU.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel