4 Cara Mengobati Penyakit Tipes Dengan Bahan Alami

Penyakit Tipes atau tifus merupakan penyakit yang sering menimpa orang yang memiliki kesibukan tinggi. Hal ini disebabkan karena menurun nya daya tahan tubuh akibat terlalu lelah beraktivitas. Penyakit ini, dapat menyerang semua  golongan usia dari mulai anak-anak hingga orang dewasa.


Bakteri Salmonella, merupakan bakteri yang menjadi penyebab penyakit tipes. Bakteri ini bekerja dengan menyerang bagian usus manusia, biasanya bakteri ini menyebar melalui makanan. Apabila kita menyantap makanan yang mengandung bakteri ini, maka penyakit tipes langsung menyerang terutama apabila kondisi tubuh orang tersebut dalam kondisi lemah.

penyakit tipes

Untuk pengobatan penyakit tipes ini, para dokter biasanya memberikan obat dan vitamin, selain itu biasanya menganjurkan penderita tipes untuk beristirahat sampai kondisinya membaik.

Dalam artikel ini, saya akan memberikan beberapa cara untuk mengobati penyakit tipes dengan bahan-bahan alami. Jika anda atau orang disekitar anda menderita penyakit ini, bisa anda obati di rumah.

Bahan alami untuk mengobati penyakit tipes diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Daun Keci Beling / Pecah Beling

 


daun keci beling

Daun Keci beling atau keji beling di betawi disebut daun pecah beling atau orang jawa menyebut enyoh kelo, merupakan tanaman yang berasal dari Madagaskar kemudian menyebar ke Malaysia dan juga Indonesia.Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah strobilanthescrispus ini, dapat digunakan sebagai anti oksidan, antisipilis, anti diabetes, anti mikroba, laksatif dan diuretik.

Kandungan daun keci beling ini antara lain kalium, vitamin, kafein, tanin, katekin dan polifenol. Daun ini juga dapat menyembuhkan leukimia, batu ginjal dan dapat digunakan sebegai penangkal aids.

Untuk penggunaan daun ini, adalah sebagai berikut:

Pertama siapkan daun keci beling sebanyak 15 sampai 20 lembar. Rebuslah daun tersebut didalam panci dengan air sebanyak 2,5 liter air hingga mendidih atau sekitar 20 menit lalu angkat dan dinginkan hingga suhu normal.

Untuk mengobati penyakit tipus atau penyakit lain yang sudah saya sebutkan diatas, minumlah air rebusan tersebut satu gelas di pagi hari dan satu gelas di malam hari. minumlah ramuan tersebut hingga kondisi anda membaik.

2. Daun sambiloto dan Temulawak

 


sambiloto, temulawak,jintan hitam
daun sambiloto,temulawak dan jintan hitam
 Daun sambiloto atau orang suda menyebutnya daun ki oray, sementara orang jawa menyebutnya daun bidara atau kipait, merupakan tumbuhan yang hidup pada dataran rendah. Manfaat dari tanaman ini diantaranya untuk mengobati penyakit tipes, gula darah/kencing manis, darah tinggi, sakit perut, menurunkan panas dan dapat memperrlancar air seni.

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) merupakan tumbuhan asli Indonesia yang banyak terdapat di pulau jawa. Untuk pengobatan, yang digunakan dari tanaman ini adalah bagian rimpang atau akarnya. Khasiat temulawak yaitu sebagai anti, anti kolesterol, anti oksidan, anti mikroba dan anemia. Manfaat lainnya yaitu untuk menambah nafsu makan dan memperbaiki kinerja ginjal.


Jintan hitam atau yang lebih umum disebut habbatusauda atau nigella sativa, merupakan keluarga rempah-rempah yang telah digunakan di daerah timur tengah dan india sejak dulu untuk pengobatan. Banyak sekali khasiat dari jintan hitam  diantaranya yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap bakteri, kuman dan virus.

Khasiat lainnya sebagai anti alergi, antihistamin, menyembuhkan dari berbagai macam penyakit saluran pernafasan, meningkatkan kinerja otak, anti hiv aids dan dapat mengurangi gangguan tidur dan juga stress.
Untuk membuat ramuan dari ketiga bahan ini, sangat mudah.

Langkah pertama siapkan dulu bahan-bahannya, yaitu:

  • Daun sambiloto 10 lembar
  • Temulawak sebanyak 15 gram
  • Jintan hitam secukupnya

Rebuslah ketiga bahan tersebut dalam 2 liter air hingga mendidih lalu dinginkan. Saring airnya dan minum 2 atau 3 kali sehari sampai kondisi membaik.

3. Kunyit


kunyit
kunyit
Kunyit atau ada juga yang menyebutnya kunir termasuk keluarga rempah-rempah. Tanaman ini berkhasiat untuk membersihkan bagian lambung, mendinginkan suhu tubuh dan dapat menghentikan pendarahan. Manfaat lainnya yaitu sebagai antiseptik, anti gatal, anti kejang dan memperbaiki fungsi ginjal.

Untuk mengobati tipes, siapkan 3 rimpang kunyit, 3 lembar daun sambiloto dan satu bonggol serai atau sereh. Cara pembuatannya yaitu tumbuk hingga halus ketiga bahan tersebut, seduh dengan air panas di dalam gelas besar dan minum saat masih hangat.

4. Mentimun


mentimun
Mentimun
Buah mentimun termasuk kedalam keluarga labu-labuan ini memiliki banyak kandungan bermanfaat seperti kalium, mangan, magnesium, silika dan vitamin A, B dan C.Kandungan air yang sangat tinggi menjadikan buah ini memiliki sifat sebagai pendingin dan pembersih, juga memili sifat diuretik.

Untuk mengobati penyakit tipes, parutlah 2 buah mentimun yang masih segar lalu peras dan minum airnya. Lakukan hal ini 2 kali sehari selama seminggu atau hingga kondisi anda membaik.

5. Cacing Tanah Merah


cacing tanah
foto: aritunsa.com
Mengobati tipes dengan cacing tanah telah dilakukan sejak dulu oleh suku primitif seperti suku maori di new Zealand dan suku aztec di Australia. Cacing tanah merah berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan berbagai macam bakteri, salah satunya bakteri penyebab tipes.

Untuk pembuatan obat dari cacing tanah merah ini bahan yang harus disiapkan yaitu:
  • Cacing tanah merah hasil budidaya bukan cacing tanah biasa secukupnya
  • 3 gelas air untuk dosis 3 x minum
  • Panci

Proses pembuatannya yaitu masukan cacing yang sudah dicuci bersih ke dalam panci berisi 3 gelas air, rebus hingga mendidih. Minum ramuan ini 3 kali sehari dalam keadaan hangat. Untuk anda yang tidak mau repot membuat ramuan ini, anda bisa membeli ekstrax cacing dalam bentuk kapsul yang banyak di jual di apotik atau toko obat.

Itulah 4 cara mengobati penyakit tifus dengan bahan-bahan alami yang bisa anda buat sendiri. Mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat untuk membantu mengobati penderita tipes yang ada di sekitar kita.

Sumber : Wikipedia

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Mengobati Penyakit Tipes Dengan Bahan Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel