Tahukah Kamu, Manfaat Lain Dari Cuka

Perabotan di rumah anda terkena noda yang sulit di hilangkan?. Misalnya noda bekas lem dari sticker, atau noda lain yang membandel. Jangan dulu membuang barang-barang tersebut, karena ternyata ada cara yang sangat mudah dan murah untuk membersihkannya.

Anda pasti tahu yang namanya cuka?, Yups, betul sekali...Bumbu masak yang satu ini ternyata mempunyai kemampuan untuk membersihkan noda membandel yang biasanya sangat sulit untuk dihilangkan.

cuka untuk membersihkan noda
Foto : id.wikihow
Dibawah ini saya jelaskan tentang manfaat lain dari cuka sebagai pembersih yang harus kamu tahu. Inilah beberapa manfaat cuka sebagai pembersih noda:

1. Membersihkan Noda


Apabila sofa atau kursi dirumah anda berbahan kulit sintetis, tidak perlu pusing untuk membersihkan noda yang sulit hilang dengan cairan pembersih. Cukup anda membuat larutan cuka yang dicampur air dengan perbandingan 1:1.

Gunakan larutan tersebut untuk menggosok noda membandel tersebut sampai hilang dengan menggunakan kain katun. Larutan ini juga bisa anda gunakan untuk membersihkan bagian interior mobil seperti dashboard, jok, plafon dan karpet .

Untuk menjaga agar bahan jok kulit lebih awet, setelah membersihkan memakai larutan cuka, gosokan minyak kelapa ke seluruh permukaan jok kulit tersebut.

2. Membersihkan Lem bekas sticker


Biasanya, lem bekas sticker atau gambar tempel yang menempel di kaca atau pintu kulkas dan lemari sangat sulit untuk dibersihkan. Bila anda menemui masalah tersebut, gunakanlah larutan cuka tadi untuk menggosok bagian bekas sticker yang sulit hilang dengan kain berbahan katun, maka sisa lem dari sticker tersebut akan segera hilang.

3. Mengkilapkan barang yang berwarna krom


Barang-barang yang berwarna krom, biasanya semakin lama warnanya akan menjadi kusam dan tidak mengkilap lagi. Cobalah anda gosok barang tersebut dengan kain lap yang sudah diberi cuka, maka barang-barang tersebut akan kembali mengkilap seperti baru.

4. Merawat Wiper mobil


Bagi anda yang memiliki mobil, pasti pernah mengalami kaca depan mobil anda buram saat hujan. Hal ini salah satunya akibat wiper yang sudah kurang baik. Dengan memakai cuka, anda bisa membuat wiper mobil anda kembali bekerja optimal.

Caranya yaitu gunakan kain lap yang sudah dibasahi cuka untuk membersihkan karet pada wiper mobil tersebut. Kelebihan dari cuka, yaitu dapat mengembalikan sifat elastis dari karet wiper tersebut, sehingga dapat menempel sempurna pada permukaan kaca mobil.

Selain untuk hal-hal diatas, ternyata cuka juga sangat ampuh digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap. Caranya sangat praktis, tuangkan cuka  ke dalam mangkuk lalu anda letakan didaerah yang berbau tidak sedap di dalam rumah, maka bau tidak sedap akan segera hilang. 

Cuka juga sangat efektif untuk membersihkan barang-barang berbahan keramik seperti toilet atau westafel. Coba semprotkan cuka ke toilet (gunakan botol semprotan untuk menyetrika), lalu sikatlah toilet tersebut menggunakan sikat toilet, maka toilet akan terlihat seperti baru sekaligus mengusir bau tidak sedap.

Nah itulah sobat beberapa manfaat lain dari cuka. Mungkin selama ini anda hanya tahu cuka sebagai bumbu pelengkap masakan saja, ternyata cuka memiliki banyak manfaat lainnya bagi kita.
Semoga artikel ini bermanfaat..

Dari berbagai sumber.

Belum ada Komentar untuk "Tahukah Kamu, Manfaat Lain Dari Cuka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel