4 Perawatan Kecantikan Yang Dilarang Bagi Muslimah

Dimanapun di seluruh dunia ini, semua wanita pastilah mempunyai keinginan yang sama. Yaitu memiliki wajah yang cantik yang merupakan impian bagi setiap wanita.

Tidak heran, jika mereka memberikan perhatian yang lebih dalam  urusan penampilan dan juga kecantikannya. upaya mempercantik diri dilakukan dengan jalan melakukan perawatan pada seluruh bagian tubuhnya.

Biasanya untuk mendapatkan hasil yang maksimal, wanita akan menyerahkan urusan tersebut dengan mengunjungi salon-salon kecantikan. Dimana mereka bisa memilih apa saja jenis perawatan yang bisa mempercantik penampilan.

Akan tetapi, ternyata diantara beberapa cara perawatan yang banyak ditawarkan, kaum wanita khususnya muslim juga harus mengetahui bahwa ada beberapa macam perawatan yang dalam agama islam merupakan hal yang terlarang.

Akan tetapi beberapa diantara perawatan yang dilarang tersebut, kini justru menjadi trend yang biasa dilakukan. Bahkan hampir semua wanita melakukannya. Padahal, tindakan ini termasuk dalam kategori tidak merasa bersyukur akan nikmat Allah dimana hal ini kelak akan diberikan hukuman yang pedih.

Apa saja perawatan kecantikan yang dilarang tersebut?. Berikut rangkuman empat perawatan kecantikan yang dilarang bagi muslimah.

1. Mencabut Bulu Alis

cabut alis


Saat ini memakai alis sudah menjadi hal wajib yang umum dilakukan oleh para wanita demi menambah kecantikan. Untuk mendapatkan bentuk alis yang menarik, banyak sekali wanita merubah bentuk bulu alisnya dengan cara mencabut, menggunting atau mencukurnya. Padahal harus diketahui, bahwa dalam agama Islam, perbuatan yang seperti itu adalah suatu hal yang diharamkan.

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa mempersekutukan Dia, Tapi Dia memberi ampunan dosa yang lain selain daripada dosa syirik itu bagi siapapun yang telah dikehendaki-Nya. Dan siapapun yang mempersekutukan sesuatu dengan Allah, maka ia sungguh telah tersesat sangat jauh."

"Apa yang mereka sembah selain daripada Allah, tak lain hanyalah berhala, dan dengan perbuatan menyembah berhala itu, mereka merupakan penyembah syetan yang durhaka, yang dilaknat oleh Allah, dan syetan itu mengatakan:"


" 'Aku akan mengambil dari hamba-hamba-Mu, bagian yang sudah ditentukan (untuk saya), dan sesungguhnya aku pasti akan menyesatkan mereka, dan akan memberi angan-angan kosong pada mereka dan akan menyuruh agar mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu merekapun benar-benar melakukannya, dan akupun akan menyuruh mereka (merubah ciptaan Allah), lalu  merekapun melakukannya'."

"Barangsiapa menjadikan setan untuk menjadi pelindung selain daripada Allah, niscaya sungguh ia telah menderita satu kerugian yang nyata'. Qur'an Surah. 4: ayat 116-119.

2.Meruncingkan atau Merenggangkan Gigi Agar Terlihat Lebih Cantik

Banyak hal yang dilakukan wanita untuk mempercantik dirinya.Diantaranyanya yaitu dengan mengikuti trend masa kini yaitu meruncingkan atau merenggangkan gigi. Yang mana didalam agama Islam perbuatan ini juga diharamkan jika tujuannya agar terlihat lebih cantik.

Berbeda halnya apabila hal ini dilakukan untuk tujuan  pengobatan. Misalnya, seorang wanita yang mempunyai gigi tidak rata yang mengganggu aktivitasnya untuk makan, maka hal ini boleh dilakukan,misal dengan mencabut gigi tersebut.

Tapi,apabila perawatan ini dilakukan hanya untuk mengikuti trend atau mode, maka ada ancaman orang yang melakukannya akan dilaknat oleh Baginda Rasulullah.

Dalam Shohih Sunan An-Nasa’I dari hadits Abdullah bin Mas'ud berkata: 

'Rasulullah SAW  melaknat orang yang mentatto  kulitnya, menajamkan giginya, mencabut alis matanya, dan yang mengubah apa yang merupakan ciptaan Allah SWT'. Hadist Riwayat An-Nasa'I 5253, dan dishohihkan oleh Syaikh al-Albani dalam shohih Sunan An-Nasa’i..

3. Penyambungan Rambut

Cara perawatan selanjutnya yang termasuk empat perawatan kecantikan yang dilarang bagi muslimah oleh Allah SWT adalah dengan menyambung rambut.

Banyak wanita yang mungkin belum tahu bahwa dengan melakukan penyambungan rambut, baik dengan rambut manusia asli atau rambut lainnya adalah haram.Selain itu, bukanpenyambungan rambut saja yang diharamkan, memakai wig atau rambut palsu dan juga memakai konde juga mempunyai hukum yang sama.

Hal ini ditegaskan oleh Al-Allamah Asy Syaukani rahimahullah berikut : 

"Menyambungkan rambut adalah diharamkan, Dan laknat tidaklah terjadi untukhal-hal yang tidak diharamkan." Imam Asy Syaukani - Nailul Authar - 6/191

Selain itu, menurut Al-Qadhi ‘Iyadh, praktek penyambungan rambut adalah termasuk kedalam maksiat dan dosa besar, hal ini disebabkan adanya laknat bagi siapapun yang melakukannya. Bukan hanya orang yang rambutnya disambung saja yang mendapatkan dosa, tapi semua orang yang ikut terlibat dalam hal tersebut juga akan mendapatkan dosa yang sama.

Jadi, jangan sekali-kali menyambung rambut,kita syukuri apa yang telah Allah berikan kepada kita dengan cara merawatnya baik-baik.

4. Mentato Tubuh

tatto
Di zaman sekarang, mungkin kita sudah tidak aneh melihat wanita yang mentatto tubuhnya.Banyak wanita yang ingin menunjukkan cinta kepada kekasihnya dengan membuat tato yang bertuliskan nama orang yang dicintainya tersebut dikulit tubuhnya.

Harus diketahui, seperti halnya hukum menyambung rambut, orang yang mentato tubuh maupun orang yang membuatkan tatonya adalah sama haram serta termasuk telah bermaksiat kepada Allah SWT.

keduanya dikaitkan dalam satu hadits yang diriwayatkan Ibnu Umar radliyallah 'anhuma. Dari Ibnu Umar radliyallah 'anhum, yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Allah akan melaknat wanita yang menyambungkan rambut dan pelaku yang minta disambung rambutnya,juga wanita yang membuatkan tato dan yang ditato." (HR. Bukhari, Muslim, dan Tirmidzi).

Itulah empat perawatan  kecantikan yang dilarang bagi muslimah dalam agama Islam. Menjadi muslimah yang cantik memang diperolehkan dan dianjurkan, tapi harus tetap mengikuti aturan yang telah ditetapkan dalam Islam.

Jadi untuk tampil cantik, tidak boleh menyalahi syariat dan juga upaya mempercantik diri tersebut hanya boleh ditujukan untuk suami saja.
 

Belum ada Komentar untuk "4 Perawatan Kecantikan Yang Dilarang Bagi Muslimah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel