Doclang, Makanan Tradisional Khas Bogor Dan Cara Membuatnya

Info Bogor - Pernah mendengar makanan yang bernama Doclang ?, Bagi sobat gado-gado bogor yang tinggal atau pernah berkunjung ke Bogor, mungkin pernah mendengar namanya atau melihat penjual Doclang di wilayah Bogor. Namun Bagi sobat yang belum tahu atau bahkan belum pernah mendengar namanya, pasti akan bertanya-tanya. Nah, daripada sobat penasaran, saya coba jelaskan tentang doclang dibawah ini.

makanan khas bogor
Foto : kompasiana

Definisi Doclang


Doclang adalah makanan yang terdiri dari potongan lontong berukuran besar, tahu, kentang dan telur rebus yang disiram dengan bumbu yang terbuat dari kacang tanah dan terakhir ditaburi kerupuk kemudian diberi kecap. Bila anda pernah makan kupat tahu khas Bandung atau gado-gado, doclang ini memiliki kemiripan dengan kedua makanan tersebut.

Doclang merupakan makanan khas Bogor yang biasanya dijajakan oleh penjualnya dengan berkeliling menggunakan gerobak ataupun dipikul. Namun seiring banyaknya makanan baru yang bermunculan, sekarang ini semakin sulit untuk menemukan penjual Doclang di daerah Bogor. Maklum, anak muda sekarang kebanyakan lebih menyukai makanan cepat saji made-in luar biar dibilang gaul.

Jika sobat ingin mencicipi kuliner khas bogor yang satu ini, sobat bisa datang ke kawasan jembatan merah Bogor pada malam hari. Disana sobat bisa menemukan penjual doclang yang mangkal hinga menjelang dini hari. Kawasan jembatan merah ini merupakan pusat kuliner di kota Bogor yang terbilang komplit jenis jajanan nya seperti bubur ayam, sate padang, cakwe dan sebagainya.

Cara Membuat Doclang


Untuk sobat yang ingin mencicipi doclang, namun sulit untuk menemukan penjualnya, saya akan berikan cara untuk membuat sendiri doclang di rumah. Karena memiliki kemiripan dengan gado-gado, maka cara pembuatan nya pun tidak jauh berbeda, hanya bahan-bahannya saja yang agak berbeda dengan gado-gado.

Bahan utama yang harus disiapkan  yaitu ketupatatau lontong, telur rebus, tahu, kentang rebus atau bila anda suka, bisa ditambahkan sayuran seperti  toge atau sayuran lain sebagai pelengkap. Selanjutnya potong-potong bahan tersebut dan masukan ke piring, kemudian tingggal disiram dengan bumbu yang terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan.

Untuk lebih jelasnya cara membuat doclang, pertama-tama siapkan bahan-bahan sebagai berikut :

  • 1 buah Lontong atau ketupat
  • 2 buah Tahu yang sudah digoreng
  • 1 buah telur rebus dipotong menjadi 4 bagian
  • Toge atau sayuran lainnya yg sudah di rebus secukupnya (bagi yang tidak suka, tidak usah menambahkan sayuran)
  • Jeruk limau untuk menambah aroma
  • Bawang goreng
  • Kerupuk
  • Kecap manis

Bahan Untuk Membuat Bumbu Kacang

  • 25 gram kacang tanah, di goreng
  •  Garam secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk tumis bumbu

Selanjutnya siapkan bahan untuk bumbu penyedap yaitu :

  • 1 buah cabe keriting
  • 2 buah cabe rawit
  • 2 siung bawang merah
  • 1/2 siung bawang putih
  • 1 buah kemiri

Cara Pembuatan


Hal pertama yang harus disiapkan yaitu bumbu atau saus kacangnya. Semua bumbu seperti cabe keriting, cabe rawit, bawang merah bawang putih dan kemiri digoreng terlebih dahulu, selanjutnya  bumbu tersebut disatukan dengan kacang tanah yang telah digoreng lalu dihaluskan (bisa menggunakan cobek ataupun di blender dengan menambahkan air panas secukupnya/jangan terlalu encer).

Setelah bumbu halus, tambahkan garam dan gula merah sesuai selera anda, jangan lupa juga untuk menambahkan air perasan jeruk limau agar aromanya lebih menarik .

Bisa juga sobat membuat bumbu kacang ini dengan cara menghaluskan bumbu penyedap terlebih dahulu baru selanjutnya menumis bumbu tersebut. Setelah bumbu yang ditumis tersebut mengeluarkan aroma harum, masukanlah kacang tanah yang sebelumnya telah dihaluskan. Agar bumbu yang dimasak bisa menyatu, tambahkanlah air panas secukupnya, kemudian masukan garam dan gula merah sesuai selera anda. Setelah bumbu tersebut agak mengental, kemudian angkatdan biarkan beberapa saat sampai suhunya menjadi hangat.

Langkah selanjutnya yaitu tahap penyajian. Siapkan bahan-bahan seperti lontong atau ketupat yang sudah dipotong-potong, telur rebus, kentang rebus , tahu dan sayuran kedalam piring, lalu siram dengan bumbu saus kacang yang sudah disiapkan. Beri sedikit kecap manis dan perasan jeruk limau secukupnya, kemudian taburkan bawang goreng dan juga kerupuk diatasnya dan Taaarrrraaa...Doclang buatan sendiri sudah siap untuk dinikmati..selamat mencoba.

Dari berbagai sumber

Belum ada Komentar untuk "Doclang, Makanan Tradisional Khas Bogor Dan Cara Membuatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel