3 Tempat Wisata Air Terjun Di Kawasan Puncak Bogor

Info bogor - Kawasan Puncak Bogor memang sangat banyak memiliki tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pada umumnya tempat wisata di puncak merupakan objek wisata yang menyuguhkan keindahan alam yang didukung oleh kesejukan udara khas daerah pegunungan.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi info mengenai tempat wisata curug yang ada di daerah puncak Bogor yang bisa anda jadikan tujuan bagi anda untuk berlibur bersama keluarga atau teman anda di akhir pekan ataupun hari libur.


Berikut ini adalah 3 tempat wisata air terjun atau curug yang ada di daerah puncak :


1. Curug Panjang 

curug panjang
foto : travelkompas
Nama Curug Panjang memang tidak setenar Curug Cilember, akan tetapi tempat wisata air terjun di kawasan Puncak Bogor ini juga wajib untuk anda coba kunjungi. Sebagaimana umumnya tempat wisata lainnya di daerah puncak, curug panjang juga menawarkan suasana alam pegunungan ditambah keindahan air terjun dan keindahan alam yang masih terjaga keasriannya.

Air terjun curug panjang terletak di daerah Megamendung, Cisarua Kabupaten Bogor. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pintu keluar tol Gadog. Dari pertigaan  Megamendung anda harus menempuh jarak sekitar 8 Km untuk sampai ke air terjun ini. 

Untuk dapat menemukan lokasi curug panjang ini, sebaiknya sering-seringlah bertanya kepada penduduk yang anda temui, karena sangat sedikitnya penunjuk arah ke lokasi curug. Setelah bertemu pintu masuk curug, anda harus berjalan kaki sekitar 400 meter untuk sampai ke lokasi air terjunnya. Cukup menguras energi, karena medannya cukup berat.

Untuk harga karcis cukup terjangkau yaitu Rp.12.000,-. Saat tiba di lokasi, semua rasa letih setelah menempuh perjalanan yang berat, akan hilang terbayar oleh keindahan alam dicurug panjang ini. Berbeda dengan curug lain yang umumnya vertikal. air terjun di curug panjang ini berbentuk slope dengan penjang sekitar 20 meter dan memiliki arus air cukup deras.

Anda bisa berenang di kolam yang ada dibawah curug dengan dihiasi bebatuan  alam yang banyak terdapat di kolam tersebut. Curug ini tidak terlalu ramai dikunjungi dikarenakan medan menuju lokasinya yang berat dan menguras stamina. Jadi sangat cocok untuk anda yang menyukai suasana alam yang sepi.

2. Curug Cibeureum

curug cibeureum
foto : www.manjaw.com
Curug Cibeureum termasuk kedalam kawasan nasional Gede Pangrango puncak. Termasuk wilayah kabupaten Cianjur yaitu di desa sindanglaya - pacet. Sehingga otomatis anda harus masuk lewat pintu masuk Taman Nasional tersebut.Untuk sampai ke lokasi, anda harus berjalan kaki dengan jarak sekitar 3 Km.

Walau harus jauh berjalan kaki, anda tidak akan merasa capek karena disepanjang jalan anda akan disajikan pemandangan alam yang menakjubkan dan terkadang anda bisa bertemu dengan satwa liar seperti lutung atau hewan liar lainnya.

Air terjun curug cibeureum mempunyai ketinggian antara 40 sampai dengan 50 meter, dengan latar belakang dinding karang berwarna kemerahan. Konon karena dinding karang yang berwarna merah tersebut, maka air terjun ini dinamakan curug cibeureum yang berarti air merah.

Di lokasi curug cibeureum, banyak terdapat warung-warung yang menyediakan makanan atau minuman seperti mie rebus, jagung bakar, kopi atau bandrek. Jadi anda tak perlu takut walaupun tidak membawa bekal makanan atau minuman.


3. Curug Cilember

curug cilember
Foto : www.ragamtempatwisata.com
Curug Cilember terletak di desa jogjogan termasuk kedalam wilayah kecamatan cisarua Bogor. Curug ini sudah dikelola dengan baik oleh Perum Perhutani 3 dan masuk ke dalam kawasan wana wisata curug cilember. Tak heran Bila curug cilember memiliki fasilitas yang cukup lengkap bagi pengunjung seperti kamar mandi, tempat makan dll.

Air terjun Curug cilember terdiri dari 7 air terjun dengan tingkat ketinggian yang berbeda, untuk yang paling tinggi yaitu sekitar 40 meter. Jadi anda bisa menjelajahi mulai dari curug pertama sampai ke curug yang ke tujuh. Di curug ini anda bisa puas berenang sambil menikmati indahnya pemandangan hutan pinus dihiasi suara burung - burung yang bersahutan.

Itulah 3 tempat wisata air terjun yang ada di kawasan puncak bogor, yang bisa anda kunjungi untuk mengisi akhir pekan atau liburan anda bersama keluarga ataupun teman anda. Semoga info ini bisa menambah informasi bagi anda, kemana akan mengisi liburan.

Belum ada Komentar untuk "3 Tempat Wisata Air Terjun Di Kawasan Puncak Bogor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel